Pasangan Wajib Tahu! Ini Peran Jasa Konselor Laktasi

2 Jun
Konselor Laktasi Bunda Denpasar

Satu hal penting yang perlu dipersiapkan ibu hamil dan menyusui adalah bagaimana melakukan laktasi yang benar agar buah hati mendapatkan gizi maksimal. Oleh karena itu, keberadaan konselor laktasi dapat menjadi dukungan penting bagi para ibu yang melahirkan anak pertama.

Laktasi merupakan bagian kelengkapan dari siklus reproduksi mamalia termasuk manusia untuk menghasilkan susu (Air Susu Ibu atau ASI). Terdapat beberapa teknik yang dilakukan untuk menghasilkan ASI terbaik. Mempelajari proses laktasi ini bahkan bisa dilakukan sebelum bayi lahir.

Dengan mempelajari teknik laktasi lebih awal, orang tua dapat mempersiapkan diri sebelum kelahiran bayi dengan lebih baik lagi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai konselor laktasi, cek artikel berikut “Konsultasi Laktasi dan Fungsinya dalam Membantu Ibu dan Bayi Selama Menyusui“.

Apa Itu Konselor Laktasi?

Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan istilah konselor di bidang laktasi, mereka adalah konsultan yang berasal dari latar belakang profesional keperawatan. Tugas konselor adalah untuk membantu ibu mencapai masa menyusui yang nyaman bayi dan ibu sendiri.

Konselor Laktasi dapat berasal dari berbagai latar pendidikan. Selain memberikan layanan konsultasi teknik laktasi, umumnya para konselor juga akan memberikan bimbingan lebih lengkap seputar bayi dan proses menyusui kepada para orang tua sejak kehamilan.

Apa Tugas dari Konselor Laktasi?

Konselor Laktasi bertugas membimbing dan memberikan solusi praktis untuk membantu meningkatkan kesehatan buah hati melalui produksi ASI terbaik pada masa emasnya.

Dalam menyelesaikan masalah menyusui, konselor laktasi akan memberikan arahan seputar menyusui, seperti posisi menyusui, tanda bayi cukup atau kurang ASI, cara memompa ASI, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah sejumlah kondisi ibu dan bayi yang dapat dibantu oleh konselor:

  • Bayi Tidak Mau Menyusu Pada Ibunya
    Pada kondisi tertentu, bayi tidak mau menyusu pada ibunya. Alhasil, tidak sedikit ibu yang memilih memberikan susu formula daripada berusaha membuat si anak mau minum ASI. Jika si kecil menunjukkan perilaku yang menolak ASI, orang tua dapat mengunjungi konselor.
  • Produksi ASI Terbatas
    Tidak jarang ibu menyusui mengalami masalah dalam memproduksi ASI yang cukup bagi buah hatinya. Kondisi ini biasanya disebabkan banyak hal, seperti asupan gizi si ibu hingga kondisi kesehatan mental sebelum dan sesudah melahirkan.
  • Sakit yang Dialami Ibu saat Menyusui
    Ada kalanya ibu menyusui mengalami rasa sakit di area payudara setiap kali bayi menyusu. Sakit atau nyeri tersebut tidak jarang disebabkan oleh teknik menyusui yang kurang benar atau faktor lainnya.
  • Berat Badan Bayi Tidak Kunjung Naik
    Meski telah mengkonsumsi ASI secara berkala, terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan bayi tidak kunjung mencapai berat badan ideal. Kunjungan ke konselor laktasi dapat membantu menemukan penanganan untuk kasus ini.
  • Ibu Mengalami Baby Blues
    Baby blues adalah kondisi ketika ibu mengalami rasa sedih yang berlebih disertai murung hingga enggan mengurus bayi. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi proses menyusui bayi.
  • Bayi Minum ASI Berlebih
    Kebalikan dari masalah produksi ASI, meminum ASI secara berlebih juga kurang sehat bagi bayi. ASI berlebih dapat menyebabkan ketidaknyamanan hingga kegemukan atau obesitas bagi bayi.
  • Pasca Operasi Caesar
    Berbeda dengan proses melahirkan alami, para ibu yang melalui proses operasi caesar butuh proses pemulihan yang dapat membatasi proses menyusui buah hati.

Tips Menemukan Konselor Menyusui Terbaik

Di Indonesia, keberadaan konselor laktasi sudah cukup banyak dan biasanya langsung menangani pasiennya di rumah sakit. Tentunya akan lebih baik untuk menemukan konselor yang tepat untuk membantu mengatasi keluhan seputar kehamilan dan menyusui.

Untuk menemukan Konselor Laktasi yang tepat bagi Anda, berikut adalah tipsnya:

  • Minta Rekomendasi Orang Terdekat
    Beberapa orang di lingkungan atau keluarga Anda mungkin telah memiliki pengalaman dalam menggunakan layanan Konselor Laktasi. Anda dapat mewawancarai mereka dan mengumpulkan ulasan untuk menemukan Konselor Laktasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pastikan Konselor Memiliki Kriteria ini
    Meskipun sudah mendapatkan banyak rekomendasi, Anda juga perlu memastikan pola perilaku dan komunikasi konselor saat memberikan saran dan solusi. Beberapa kriteria yang perlu dipastikan sudah dimiliki oleh konselor tersebut melingkupi:
    • Bisa menjadi pendengar yang baik
    • Inisiatif memberikan informasi yang lengkap tentang laktasi dan semua informasi lain yang Anda butuhkan.
    • Komunikatif dalam menyampaikan saran sebagai beberapa opsi.
    • Mempelajari kondisi pasien secara objektif untuk memberikan alternatif laktasi terbaik.
    • Turut serta melakukan pengamatan proses menyusui untuk memahami kondisi yang dialami ibu menyusui dengan lebih dekat.
  • Pastikan Konselor Bersertifikat
    Ahli yang bersertifikat umumnya memiliki sertifikasi yang diterbitkan oleh International Board Certified lactation Consultant (IBCLC). Konselor mendapatkan gelar IBCLC dengan melalui pelatihan dan praktik dalam bidang laktasi. Dengan demikian, konselor yang memiliki gelar ini dapat menjawab kebutuhan spesifik dari ibu menyusui secara lebih detail.

Persiapan Sebelum dan Sesudah Mengunjungi

Pada kunjungan awal, ada persiapan yang perlu orang tua persiapkan sebagai:

  • Persiapan sebelum Mengunjungi Konselor 
    • Paham kondisi sang ibu dan bayinya, termasuk riwayat selama hamil dan menyusui.
    • Informasi seputar berat dan panjang lahir bayi, termasuk perkembangan berat badan sampai saat melakukan konsultasi.
    • Riwayat kesehatan dari keluarga, terutama ibu dan ayah bayi.
    • Mempersiapkan informasi lain yang mungkin akan ditanyakan oleh konselor pada kunjungan pertama.
  • Hal yang Dilakukan Setelah Mengunjungi Konselor 
    • Ibu, ayah, dan anggota keluarga lainnya melaksanakan saran yang telah konselor berikan sebaik mungkin.
    • Datang kembali sesuai jadwal kunjungan berikutnya dengan mempersiapkan informasi terbaru.

Kapan Harus Mengunjungi Konselor Laktasi?

Jika memang tidak memiliki masalah, orang tua tidak perlu mengunjungi Konselor Laktasi. Beberapa waktu paling tepat untuk berkunjung adalah:

  • Saat mengalami salah satu dari kondisi layak konsultasi seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Misalnya, ASI sedikit atau ibu mengalami rasa sakit saat menyusui.
  • Ketika payudara membengkak, sementara bayi tetap perlu minum ASI.
  • Ketika membutuhkan informasi akurat tentang cara laktasi yang benar menjelang melahirkan.
  • Kondisi payudara ibu bermasalah, sehingga mengganggu proses laktasi.
  • Tidak nyaman ketika menyusui buah hati akibat berbagai faktor.
  • Ingin memberikan ASI eksklusif namun pada kondisi melahirkan sebelumnya sempat bermasalah.
  • Kondisi lain yang dirasa akan mengganggu proses laktasi dan tumbuh kembang bayi.

Konselor Laktasi dapat membantu Anda meningkatkan kualitas hidup buah hati dengan lebih baik. Jika salah satu kondisi di atas sedang Anda alami, segera hubungi konselor berpengalaman.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai konselor laktasi, cek artikel berikut “Bunda Wajib Tahu! 8 Tips Menyusui Agar Tidak Lecet“.

Konselor Laktasi Terbaik di Denpasar

RSIA Bunda Denpasar berdedikasi dan telah berpengalaman dalam mendampingi ibu dalam merawat bayinya, mulai dari masa kehamilan, proses persalinan, hingga pasca persalinan. Salah satu layanan unggulan kami adalah klinik laktasi yang didukung oleh konselor laktasi terbaik di Denpasar, Bali.

RSIA Bunda Denpasar telah memiliki fasilitas modern yang siap untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan wanita, persalinan, klinik laktasi, 24/7 emergency service, telekonsultasi, home care, dan berbagai layanan kesehatan lainnya.

Dapatkan berbagai paket menarik untuk pemeriksaan kesehatan wanita dari Bunda Hospital Denpasar. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Share:

Jl. Gatot Subroto Barat No. 455x

Denpasar Barat, Bali – 80117

Reservation

onebunda.com

Whatsapp

+62859-4536-0903