Konsultasi Laktasi dan Fungsinya dalam Membantu Ibu dan Bayi Selama Menyusui

18 May
Konsultasi Laktasi

Masa pertumbuhan bayi menjadi momen berharga bagi setiap orang tua. Karenanya, pemberian ASI (Air Susu Ibu) menjadi sangat penting dalam enam bulan pertama tumbuh kembang bayi. Untuk membantu bayi memenuhi kebutuhan ASI dengan maksimal, orang tua dapat menggunakan layanan konsultasi laktasi selama masa menyusui tersebut.  

Tubuh wanita akan otomatis memproduksi ASI bahkan sejak masa kehamilan, namun tidak jarang ibu sendiri tidak mengetahui cara menyusui yang baik. Hal ini mendorong terciptanya layanan konsultasi laktasi untuk membantu orang tua memenuhi kebutuhan ASI bayi dengan lebih baik. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan ibu, cek artikel berikut “Pahami Persiapan, Teknik, dan Cara Menyusui yang Benar“.

Apa Itu Konsultasi Laktasi?

Sesuai namanya, konsultasi laktasi dilakukan bersama ahli laktasi yang memberikan penyuluhan, dukungan, dan pelatihan intensif mengenai proses produksi ASI. Dengan demikian, ibu akan mendapatkan edukasi pemberian ASI secara tepat. 

Menurut World Health Organization (WHO), konsultasi ini dapat dilakukan sejak usia usia 28-36 minggu kehamilan dengan tujuan agar orang tua memiliki waktu untuk mempelajari segala informasi yang dibutuhkan.

Dengan layanan ini, ibu dapat meningkatkan kepercayaan diri saat menyusui dan meringankan faktor risiko stres dari informasi dan saran ahli menyusuinya. Konsultasi laktasi juga akan membantu menjamin agar ASI Eksklusif berjalan dengan baik

Setelah 6 bulan pertama, orang tua juga perlu mendampingi ASI dengan makanan (MPASI atau Makanan Pendamping ASI). Layanan ini juga dapat membantu orang tua memilih makanan yang tepat. Selain itu, konsultasi laktasi juga dapat membantu orang tua mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi selama masa menyusui.

Alasan Ibu Membutuhkan Konsultasi Laktasi

Setiap ibu pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya, termasuk dalam hal pemberian ASI. Menyusui secara eksklusif dalam 6 bulan dan 2 tahun pertama akan berdampak positif terhadap kesehatan dan kecerdasan otak bayi. Dengan demikian, edukasi dan teknik menyusui yang baik penting dipelajari seorang ibu. 

Kunjungan juga bisa dilakukan saat ibu masih sedang hamil. Spesialis di bidang laktasi juga akan memberikan edukasi prenatal, dengan demikian orang tua dapat menyiapkan kebutuhan bayi bahkan sebelum kelahiran dengan lebih lengkap dan menyeluruh.

Berbagai Macam Kondisi yang Ditangani dalam Konsultasi Laktasi

Konsultan laktasi umumnya telah memiliki sertifikasi International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC). Adapun berbagai macam kondisi yang bisa ditangani konselor laktasi profesional adalah sebagai berikut.

  • Sesi menyusui yang membuat tubuh ibu lelah.
  • Sesi menyusui menimbulkan masalah fisik dan emosional yang tidak stabil.
  • Timbul rasa nyeri ketika menyusui.
  • Ibu tidak mengeluarkan ASI yang cukup.
  • Bayi sulit mencapai berat badan yang ideal.
  • Sulit menemukan posisi menyusui yang tepat, terlebih pasca operasi caesar.
  • Bayi menolak disusui.

Ahli laktasi juga dapat memberikan asupan susu pada bayi prematur yang dibutuhkan penanganan khusus. Hal ini karena sebagian besar bayi prematur tidak memiliki koordinasi yang baik dalam hal menghisap, menelan, dan bernapas sehingga membutuhkan perhatian khusus. 

Untuk bayi dengan kondisi neurologis tertentu juga bisa mendapatkan penanganan dari konselor profesional di klinik laktasi.

7 Layanan yang Bisa Dilakukan dalam Konsultasi Laktasi

Ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan seorang ibu ketika mengunjungi klinik konsultasi laktasi, terlebih bagi calon orang tua baru yang belum mengetahui seluk beluk menyusui secara eksklusif. Lalu, apa saja tindakan yang bisa dilakukan dalam layanan ini?

1. Mengajari Posisi Menyusui yang Tepat

Posisi yang salah ketika menyusui dapat membuat pemberian ASI jadi kurang maksimal. Ibu dan bayi juga akan merasa kurang nyaman jika berada dalam posisi menyusui kurang tepat. Karenanya, penting bagi ibu untuk mempelajari dan memahami posisi menyusui yang tepat bagi ibu dan bayi. 

2. Mengedukasi Tentang Waktu Menyusui yang Tepat

Pemberian ASI harus dilakukan di waktu yang tepat karena kondisi pencernaan bayi tidak sesempurna kondisi orang dewasa. Pemberian waktu yang tidak teratur akan mengganggu kesehatan bayi sehingga mereka sulit menerima makanan lain selain ASI. Dengan menjalani konsultasi laktasi, ahli yang bertugas akan mengajari calon orang tua mengenai waktu menyusu bayi.

3. Menjaga Pasokan ASI yang Cukup

Ayah juga membutuhkan edukasi laktasi yang tepat. Dengan layanan konsultasi laktasi, kedua orang tua akan diedukasi ciri-ciri ketika si kecil telah memenuhi kebutuhan ASI atau belum.

4. Mempelajari Alat Bantu Menyusui

Di klinik konsultasi laktasi, orang tua dapat mengenal dan mempelajari alat bantu menyusui, seperti pompa ASI dan cara menyimpan ASI perah yang benar untuk mempertahankan kualitasnya. Edukasi ini sangat penting bagi pasangan orang tua yang keduanya memiliki karir tersendiri.

 

5. Mengarahkan Agar ASI Tercukupi untuk Ibu Pekerja

Sesudah melahirkan, biasanya dalam beberapa waktu ibu akan kembali ke rutinitasnya. Hal ini kadang dapat mengganggu pemenuhan kebutuhan ASI bayi. Karenanya, layanan konsultasi laktasi dibutuhkan agar ibu tetap dapat menjamin bayi mendapatkan ASI yang tercukupi. 

Mengingat pentingnya pemenuhan ASI bagi bayi yang baru lahir, sangat disarankan untuk ibu agar mengambil waktu istirahat yang cukup dari rutinitas dan pekerjaan agar dapat fokus memenuhi gizi bayi.

6. Mengajari Cara Memompa ASI dan Menyimpannya

Berbeda dari produk susu biasanya, ASI memiliki penyimpanan yang khusus untuk menjaga kualitas nutrisi yang terkandung. Anda dapat mempelajari cara memompa dan menyimpan ASI secara mendetail dalam klinik konsultasi laktasi.

7. Menjelaskan Proses Menyapih

Menyapih adalah waktu ketika anak mulai belajar makan makanan padat seutuhnya tanpa tambahan ASI. Tidak ada patokan khusus mengenai kapan anak dapat mulai disapih, namun Anda dapat mempelajari proses ini dengan lebih lanjut di klinik konsultasi laktasi.

Waktu yang Tepat untuk Konsultasi Laktasi

Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk melakukan konsultasi laktasi? Anda dapat mengunjungi klinik konsultasi laktasi kapan saja yang Anda butuhkan. Bahkan sepanjang waktu bayi menyusui pun juga dapat dilakukan bersamaan dengan melakukan konsultasi ini. 

Adapun keadaan yang memerlukan layanan konsultasi klinik juga meliputi kondisi berikut:

  • Puting terasa sakit dan terlihat pecah-pecah
  • Khawatir terhadap pasokan ASI yang akan diberikan
  • Masih belum menemukan posisi menyusui yang nyaman untuk ibu dan bayi
  • Payudara membengkak
  • Saluran ASI tersumbat sehingga menyebabkan infeksi
  • Bayi susah melekatkan mulut dengan puting 
  • Berat badan bayi tidak kunjung bertambah 
  • Bayi menolak menyusu langsung melalui payudara

Konsultasi laktasi bisa menjadi solusi bagi orang tua yang mengalami kendala pemberian ASI eksklusif. Konsultasi laktasi juga seringkali melingkupi sejumlah tindakan medis dan sesi edukasi untuk ibu dan ayah agar si kecil terpenuhi kebutuhan ASI-nya. Tidak hanya bagi ibu rumah tangga, namun ibu pekerja juga bisa melakukannya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan ibu, cek artikel berikut “Bunda Wajib Tahu! 8 Tips Menyusui Agar Tidak Lecet“.

Ada beberapa layanan di Indonesia yang telah memiliki fasilitas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menyeluruh. Salah satunya adalah Bunda Hospital Denpasar. Rumah sakit ini telah memiliki fasilitas modern yang siap untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan wanita, persalinan, 24/7 emergency service, telekonsultasi, home care, dan berbagai layanan kesehatan lainnya.

Dapatkan berbagai paket menarik untuk pemeriksaan kesehatan wanita dari Bunda Hospital Denpasar. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Share:

Jl. Gatot Subroto Barat No. 455x

Denpasar Barat, Bali – 80117

Reservation

onebunda.com

Whatsapp

+62859-4536-0903