Menyusui di Fasilitas Publik? Bisa! Simak Teknik Menyusui Berikut ini!

22 Jun
Teknik Menyusui Bunda Denpasar

Menyusui di tempat umum seringkali membatasi ruang gerak ibu dan bayi, sehingga banyak orang tua yang lebih memilih untuk membawa ASI (Air Susu Ibu) yang sudah dipompa terlebih dahulu. 

Menyusui di berbagai ruang publik Indonesia adalah tindakan legal dan diatur dalam Undang-Undang Kesehatan pasal 128. Bahkan, untuk memudahkannya juga sudah tersedia fasilitas publik yang khusus disediakan untuk ibu menyusui. Lebih lengkapnya akan dijelaskan sebagai berikut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknik menyusui, cek artikel berikut “Bunda Wajib Tahu! 8 Tips Menyusui Agar Tidak Lecet“.

Apa itu Fasilitas Umum Menyusui?

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2013, fasilitas umum menyusui sebuah ruangan atau bangunan jenis permanen, di mana terdapat ruang khusus yang bisa digunakan untuk menyusui bayi.

Di dalam ruangan tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menjadikannya sebuah fasilitas umum menyusui yang layak. Berikut adalah syarat-syarat tersebut:

  • Berukuran minimal 3×4 m2, bisa lebih besar tergantung jumlah ibu menyusui yang mungkin akan menggunakan ruangan tersebut.
  • Akses keluar masuk ruangan sangat mudah agar dapat dikunci untuk keamanan dan kenyamanan ibu dan bayi.
  • Sirkulasi udara yang baik dan diberi lantai dengan bagian dasar karpet, keramik, atau semen.
  • Tidak berada di area yang bising.
  • Menyediakan wastafel dan air yang cukup untuk membersihkan peralatan dan mencuci tangan.
  • Terhindar dari polusi dan potensi bahaya.
  • Ruangan tersebut memiliki kelembaban antara 30% sampai 60%.

Selain persyaratan yang perlu diikuti sesuai aturan dari pemerintah, perlengkapan dalam ruangan tersebut juga perlu diperhatikan dan dipastikan lengkap agar proses menyusui lebih lancar. Berikut perlengkapannya:

  • Lemari pendingin yang akan dipakai untuk menyimpan ASI yang sudah dipompa.
  • Tas penempatan ASI yang sudah dipompa.
  • Gel dingin untuk menjaga kualitas ASI.
  • Perlengkapan sterilisasi botol susu bayi.
  • Kursi yang nyaman untuk ibu menyusui.
  • Meja khusus yang dirancang untuk menempatkan perlengkapan terkait proses menyusui.
  • Perlengkapan pendukung lainnya.

Untuk kondisi standar di ruang publik, umumnya perlengkapnnya lebih sederhana dan menyediakan kursi, meja, sabun cuci tangan, serta wastafel.

Trik Teknik Menyusui di Fasilitas Umum

Membawa bayi ke tempat umum memang butuh persiapan yang lengkap, terutama bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki buah hati. Gunakan tips dan trik berikut agar teknik menyusui di tempat umum dapat dilakukan dan berjalan lancar

1. Persiapan

Proses persiapan ini perlu dilakukan di rumah sebelum berangkat agar Anda bisa membawa semua perangkat yang dibutuhkan dan nyaman saat menyusui nantinya.

  • Pakaian Busui Friendly

Pastikan untuk memakai pakaian yang nyaman bagi ibu menyusui atau dikenal dengan istilah busui friendly. Kriterianya adalah memiliki kancing di bagian depan untuk memudahkan proses pemberian ASI.

Pastikan juga ukuran pakaiannya juga cukup longgar dan tidak banyak lapisan sehingga Anda lebih nyaman saat akan menyusui kapan saja dan dimana saja.

  • Menggunakan Bra Menyusui

Produk bra khusus untuk ibu menyusui memiliki karakteristik kancing di bagian depan bra. Kancing ini memungkinkan bra untuk bisa dibuka dan ditutup sehingga mempermudah proses menyusui.

  • Membawa Bantal Penyangga

Anda dan buah hati pasti sudah memiliki posisi nyaman sendiri. Untuk meningkatkan kenyamanan posisi duduk ibu dan posisi bayi di publik, Anda dapat menggunakan bantal menyusui.

Fungsi dari bantal ini nantinya dapat dijadikan penyangga bagi bagian punggung Anda, tangan, atau penyangga kepala si kecil.

  • Membawa Nursing Cover

Untuk kenyamanan saat menyusui, Anda juga perlu membawa nursing cover, yakni semacam pelindung yang dapat menutupi wajah dan payudara bayi selama pemberian ASI. Pelindung ini umumnya merupakan kain lebar yang dapat digantung pada bahu ibu dan menciptakan bagian longga yang akan menjadi penyalur udara agar si kecil tetap dapat bernapas.

  • Membawa Gendongan untuk Bayi

Untuk mengantisipasi anak rewel saat menyusui, maka membawa gendongan adalah hal wajib. Produk ini dapat memudahkan Anda menggapai barang-barang lain tanpa perlu mengkhawatirkan lokasi bayi.

  • Jangan Stres

Anda harus membuat nyaman diri sendiri dengan menghindari stres saat akan melakukan perjalanan dengan si kecil. Dengan demikian, Anda dapat fokus dengan lebih baik untuk mempersiapkan diri, bayi, serta barang-barnag yang diperlukan. 

  • Kenali Lokasi Menyusui yang Nyaman

Carilah fasilitas publik untuk menyusui yang aman, tenang, dan praktis bagi Anda.

2. Saat Menyusui

Saat menyusui, pastikan Anda mempraktikkan langkah-langkah berikut.

  • Kenali Ruang dan Posisi yang Tepat

Ketika memasuki ruangan, cari posisi yang paling bagus dan nyaman untuk menyusui. Anda bisa mulai mempersiapkan diri dan si kecil dengan mengeluarkan bantal dan nursing cover bila perlu.

  • Tutup Bayi Menggunakan Nursing Cover

Jika dibutuhkan, tutup bagian depan dada dengan nursing cover, lalu bantu si kecil untuk menemukan posisi menyusui.

  • Gunakan Gendongan bila Dibutuhkan

Bila si kecil rewel saat minum ASI, Anda bisa memanfaatkan gendongan untuk berdiri, mengayun bayi, dan tindakan lainnya sejenak sampai bayi kembali tenang.

  • Pastikan Bayi Kenyang

Umumnya bayi yang telah kenyang akan dengan sendirinya melepaskan puting. Jika tidak, maka ada kemungkinan bayi menjadi rewel dan aktivitas Anda tentu tidak bisa dilakukan maksimal setelah menyusui.

3. Sesudah Menyusui

Setelah proses menyusui menggunakan teknik menyusui selesai, bantu si kecil bersendawa terlebih dahulu. Setelahnya, bersihkan bekas ASI pada tubuh si kecil dan payudara, lalu memakai kembali pakaian Anda.

Selanjutnya, bereskan semua barang perlengkapan menyusui dan pastikan untuk mengecek kembali sebelum keluar dari ruangan menyusui tersebut. Lakukan hal tersebut agar tidak ada barang yang tertinggal.

Lakukan Teknik Menyusui yang Tepat

Menerapkan teknik menyusui yang tepat saat berada di tempat umum akan sangat membantu Anda untuk menjalani proses memberi ASI pada si kecil dengan cara terbaik. Lakukan semua tips dan trik di atas untuk meningkatkan pengalaman pemberian ASI Anda di fasilitas publik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknik menyusui, cek artikel berikut “Pahami Persiapan, Teknik, dan Cara Menyusui yang Benar“.

Ada beberapa layanan di Indonesia yang telah memiliki fasilitas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menyeluruh. Salah satunya adalah Bunda Hospital Denpasar. Rumah sakit ini telah memiliki fasilitas modern yang siap untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan wanita, persalinan, 24/7 emergency service, telekonsultasi, home care, dan berbagai layanan kesehatan lainnya.

Dapatkan berbagai paket menarik untuk pemeriksaan kesehatan wanita dari Bunda Hospital Denpasar. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Share:

Jl. Gatot Subroto Barat No. 455x

Denpasar Barat, Bali – 80117

Reservation

onebunda.com

Whatsapp

+62859-4536-0903