Bunda Wajib Tahu! Tips Menyusui bagi Bunda Baru

8 Jun
Tips Menyusui Bunda Denpasar

Tidak sedikit ibu muda yang baru pertama kali memiliki buah hati terkendala saat menyusui. Hal itu bisa saja karena pemahaman tentang cara menyusui yang masih sedikit sehingga perlu tips menyusui yang benar.

Dengan mengetahui segala seluk beluk tentang menyusui, Anda akan lebih mudah untuk mempraktekkannya sesuai kondisi bayi dan diri sendiri. 

Berikut ini beragam informasi penting yang akan membantu memaksimalkan proses memberikan nutrisi terbaik baik bayi yang baru lahir tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menyusui, cek artikel berikut “Orang Tua Wajib Tahu! 11 Cara Melancarkan ASI“.

Mengapa Menyusui itu Penting?

Apakah Anda tahu kalau memberi ASI jauh lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan memberikan susu formula? Kajian WHO bersama American Academy of Pediatric juga menemukan bahwa ASI adalah makanan paling bagus untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir, terutama sejak pertama lahir sampai usia enam bulan pertama. Berikut ini alasan-alasan mengapa perlu memberikan ASI tersebut untuk buah hati Anda:

  • Untuk Ibu Menyusui

  • Proses Pembakaran Kalori Alami

Selama proses menyusui, bayi melakukan upaya menyedot ASI hingga mereka bisa mengkonsumsinya. Pada proses tersebut tubuh ibu akan mengalami proses pembakaran kalori secara alami. Hal ini pun membantu penurunan berat badan usai melahirkan pada tubuh ibu.

  • Membangun Kedekatan Emosional yang Baik dengan Bayi

Pemberian ASI langsung usai bayi lahir sampai usia enam bulan atau disebut dengan istilah ASI eksklusif. Kegiatan menyusui akan membangun kedekatan emosional yang lebih baik antara ibu dan anaknya.

  • Salah Satu Cara Mengembalikan Ukuran Rahim

Proses produksi ASI di dalam tubuh seorang ibu juga akan membantu memperbaiki kembali kondisi rahim yang membesar selama proses kehamilan.

  • Meminimalisir Risiko Kanker

Proses pemberian ASI juga menjadi salah satu solusi bagi para ibu untuk lebih sehat dan terhindar dari kemungkinan menderita kanker, khususnya di area payudara dan ovarium.

  • Untuk Bayi yang Disusui

  • Meminimalisir Tidak Kurang Gizi

Bayi prematur akan sangat tergantung pada asupan gizi yang diterimanya agar bisa bertahan sampai kondisinya dinyatakan normal. Dengan demikian, sangat penting bagi bayi dengan kondisi ini untuk mendapatkan ASI karena kandungan vitamin dan mineral dalam susu ini sangat penting bagi bayi agar bisa terus berkembang sampai pada kondisi standar pada kelahiran normal.

  • Mengurangi Risiko SIDS

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) adalah kematian mendadak dari bayi yang baru lahir, dimana penyebabnya belum bisa diidentifikasi. Pemberian ASI yang kaya akan nutrisi dan pengawasan sang ibu secara terus-menerus dapat membantu bayi mengurangi risiko ini.

  • Memperkuat Daya Tahan Tubuh Bayi

Saat bayi baru lahir, daya tahan tubuhnya masih sangat lemah. Karenanya, ASI yang kaya vitamin dan mineral penting sangat penting bagi daya tahan tubuh bayi.

  • Membantu Membangun Sistem Pencernaan Bayi

Sistem pencernaan bayi yang baru lahir belum terbentuk dengan sempurna. Pemberian ASI yang optimal akan membantu menjaga sistem pencernaan sekaligus membantu menyempurnakannya. 

  • Melindungi Bayi dari Berbagai Penyakit

Pemberian ASI yang efektif akan mengembangkan sistem kekebalan tubuh tinggi sehingga bayi bisa membentengi diri dari berbagai virus penyakit. Terutama karena di dalam ASI terdapat banyak sel darah putih yang bagus untuk bayi.

Persiapan Sebelum Menyusui

Menjelang melahirkan, Anda harus sudah mempersiapkan berbagai hal termasuk persiapan untuk mulai menyusui buah hati tersayang. Beberapa persiapan yang wajib sudah dilakukan menjelang menyusui adalah:

  • Konsultasi dengan Ahli

Bagi yang baru melahirkan untuk pertama kali, melakukan konsultasi dengan ahli soal cara menyusui dan serba serbinya adalah persiapan yang sangat perlu dilakukan. Orang tua dapat memperoleh informasi yang lebih akurat dan lengkap dengan berkonsultasi pada Konselor Laktasi profesional.

  • Bra Menyusui

Bra ini berbeda dengan bra wanita pada umumnya, dimana pada bagian depan terdapat kancing khusus yang bisa dibuka dan ditutup. Dengan begitu, bra ini akan memudahkan ibu menyusui bayinya kapanpun.

  • Apron Menyusui

Apron akan membantu proses menyusui yang lebih nyaman dengan mencegah baju ibu dan bayi menjadi kotor akibat ASI yang tertumpah selama proses menyusui berlangsung.

  • Bantalan Menyusui

Untuk membantu proses menyusui dengan nyaman dan aman, bantalan menyusui membantu ibu dan bayi mendapatkan posisi terbaik untuk jangka waktu yang cukup panjang.

  • Baju untuk Menyusui

Saat ini banyak baju yang punya istilah busui friendly, artinya didesain untuk ibu menyusui. Umumnya baju ini memiliki kancing di bagian depan untuk memudahkan proses menyusui di mana dan kapan saja. 

Tips Menyusui bagi Bunda Baru

Berikutnya informasi yang paling penting adalah tips menyusui yang bisa langsung dipraktekkan oleh para ibu muda yang baru saja melahirkan. Apa saja tipsnya?

  • Mengetahui Posisi Latch On

Posisi latch on adalah posisi puting susu yang tepat di dalam mulut bayi. Bagi ibu yang belum berpengalaman dapat meminta bantuan orang terpercaya untuk membantu memastikan posisi terbaik latch on bayi, sehingga bayi dapat langsung mengkonsumsi ASI tanpa masalah.

  • Memastikan Ibu dan Bayi dalam Posisi Nyaman

Atur posisi ibu yang paling nyaman. Jika melahirkan dengan cara caesar, upayakan untuk menyangga bagian tubuh yang sakit agar tidak tersenggol oleh bagian tubuh bayi, juga sangga bagian pundak dan kepala dengan baik.

Pastikan juga bayi telah diposisikan dengan tepat sehingga saat proses menyusui dimulai sehingga si kecil tidak rewel karena merasa tidak nyaman.

  • Gunakan Payudara dengan Seimbang

Pastikan menyusui secara adil di kedua payudara, sehingga proses produksi ASI selanjutnya juga merata.

  • Kenali Kapan Bayi Ingin Menyusui

Orang tua juga harus paham kapan saja si kecil ingin menyusui sehingga dapat mengatur jadwal pemberian ASI yang konsisten.

Bagaimana Ayah Membantu Ibu Menyusui?

Selama proses menyusui, bukan hanya ibu dan bayi yang terlibat namun sang ayah juga memiliki peran penting. Apa saja cara yang dapat dilakukan sang ayah untuk membantu ibu saat menyusui si kecil?

  • Membantu mengisi peran rumah tangga sehingga ibu dapat terhindar dari stres dan dapat memproduksi ASI terbaiknya.
  • Membantu bayi sendawa usai menyusui saat ibu beristirahat.
  • Membantu proses mengasuh bayi, sehingga stamina ibu menyusui tetap terjaga.
  • Membantu melakukan pijat oksitosin agar produksi ASI lebih lancar.
  • Memastikan ibu menyusui dalam kondisi nyaman dan bebas dari stres.

ASI diproduksi dari tubuh ibu, namun ayah juga memiliki peran signifikan dalam memastikan agar ibu dapat memproduksi ASI terbaik dan proses menyusui dapat berjalan dengan lancar. Anda dapat menggunakan jasa konsultan laktasi untuk informasi lebih spesifik terkait ASI dan pemberiannya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menyusui, cek artikel berikut “Pahami Persiapan, Teknik, dan Cara Menyusui yang Benar“.

Ada beberapa layanan di Indonesia yang telah memiliki fasilitas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menyeluruh. Salah satunya adalah Bunda Hospital Denpasar. Rumah sakit ini telah memiliki fasilitas modern yang siap untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan wanita, persalinan, 24/7 emergency service, telekonsultasi, home care, dan berbagai layanan kesehatan lainnya.

Dapatkan berbagai paket menarik untuk pemeriksaan kesehatan wanita dari Bunda Hospital Denpasar. Hubungi tim kami untuk informasi lebih lanjut.

Share:

Jl. Gatot Subroto Barat No. 455x

Denpasar Barat, Bali – 80117

Reservation

onebunda.com

Whatsapp

+62859-4536-0903